Tips Renovasi Rumah

Renovasi rumah seringkali dianggap sebagai sebuah tindakan perombakan rumah skala besar, misal menambah kamar, mengganti taman, hingga menambah tingkatan lantai pada rumah serta indentik dengan biaya besar. Sebenarnya, perawatan rumah pun dapat dikatakan sebagai suatu bentuk renovasi. Menurut skalanya renovasi dapat dibagi menjadi dua macam, yaitu renovasi besar dan renovasi kecil. Bagaimana contohnya ?





Renovasi besar umumnya terjadi karena faktor eksternal seperti keinginan si pemilik. Sedangkan renovasi kecil (perawatan) seringkali disebabkan oleh faktor internal rumah seperti usia kayu yang tua, genting bocor, dan permasalahan lainnya.

Berdasarkan waktu pengerjaannya, renovasi kecil umumnya hanya membutuhkan waktu harian hingga mingguan. Renovasi harian dapat dilakukan seorang diri ataupun menyewa jasa. Sedangkan renovasi besar seringkali membutuhkan waktu lebih lama, bahkan hingga berbulan-bulan.

Apapun jenis renovasinya, semua membutuhkan perencanaan yang matang. Masa renovasi, target renovasi, hingga dana yang tersedia sangat penting untuk dirinci dengan detail.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda. Anda pun dapat berbagi artikel ini dengan teman Anda melalui logo social media dan social bookmark di bawah ini. Selamat berbagi.

Subscribe to receive free email updates: