Cara Merawat Perlengkapan Rumah dari Kayu

Dekorasi Rumah - Perabot atau perlengkapan rumah yang terbuat dari kayu seringkali menjadi pilihan utama bagi masyarakat di Indonesia  untuk dekorasi rumahnya, dibandingkan perabot dari bahan-bahan lain. 

Salah satu hal yang menjadi faktor penentu adalah kelebihan pada perabot kayu yang cenderung memiliki daya tahan yang lebih baik bila dibandingkan perabot berbahan serbuk kayu atau partikel.

Selain daya tahannya, perabot kayu saat ini pun telah bertranformasi secara desain, dari yang tadinya memiliki kesan tua dan kuno, kini pun bisa menjadi modern dan minimalis.

Bahkan sudah banyak tempat-tempat nongkrong kawula muda yang menggunakan interior dan perabot kayu, khususnya yang saat ini marak digunakan adalah kayu jenis pinewood atau juga jati belanda.

Perabot Kayu Terendam Air

Salah satu momok bagi pemilik perlengkapan rumah berbahan kayu adalah apabila perabotnya terendam oleh air. Entah karena banjir atau hal lain. Perabot kayu yang terendam air dapat meninggalkan bekas yang bisa sulit untuk dihilangkan.

Salah satu cara untuk mengatasi perlengkapan rumah yang terendam air adalah dengan menggunakan bahan alami, Yup, bahan alami yang sering dimiliki oleh ibu rumah tangga, yaitu kemiri.

Langkah awal yang harus dilakukan adalah menumbuk kemiri sampai halus. Kemiri yang telah halus tersebut kemudian dibungkus dengan menggunakan kain. Usahakan gunakanlah kain yang bersih.

Anda dapat menggunakan kaos bekas yang sudah tidak dipakai untuk membungkus kemiri. Setelah dibungkus, remas-remas bungkusan kemiri tersebut hingga minyak kemiri mulai merembes keluar dari bungkusan kaos.

Nah, minyak yang keluar dari bungkusan itulah yang bisa digunakan untuk membersihkan perlengkapan rumah Anda yang terbuat dari kayu. Caranya adalah dengan menggosok ataupun mengolesinya pada permukaan perabot kayu Anda.

Cara Kedua untuk Merawat Perabot Kayu

Ada satu cara lagi cara yang bisa Anda lakukan untuk membersihkan perabot kayu Anda, yaitu dengan menggunakan mayones tanpa rasa.

Cara ini mungkin sedikit lebih praktis bagi Anda karena tidak perlu proses menumbuk seperti saat menggunakan kemiri. Cukup oleskan mayones pada bagian perabot yang bernoda, lalu gosok dengan menggunakan kain.

Perawatan Rutin Perabot Kayu

Selain pada kejadian-kejadian tertentu, perawatan perlengkapan rumah terbuat dari kayu pun perlu dilakukan secara rutin dan berkala. Hal ini amat perlu untuk dilakukan agar perabot rumah Anda menjadi awet dan senantiasa bersih.

Perawatan rutin ini pun tidak membutuhkan biaya besar. Anda hanya perlu meluangkan waktu dan tenaga sejenak untuk melakukannya. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan minyak goreng dan jeruk nipis.

Tuangkan 2 sendok makan minyak goreng dan perasan jeruk nipis kedalam satu gelas air. Aduk hingga bercampur. Ambil selembar kain lembut dan celupkan pada larutan tadi. Gosok bagian-bagian perabot dengan menggunakan kain yang sudah basah dengan larutan tadi.


Jangan lupa untuk menggunakan kain yang bersih ya. Dengan perabot rumah yang selalu terjaga kebersihannya maka harapannya dekorasi rumah Anda pun akan tetap cantik dan awet.



sumber gambar : https://www.flickr.com/photos/urbanelife/3183071905/

Subscribe to receive free email updates: