Tips Pencahayaan Ruangan (Bagian 1)

by Kevin Dooley

Pemilihan warna cahaya di dalam ruangan dapat menunjang terwujudnya suasana yang Anda inginkan pada hunian Anda. Bagaimanakah caranya ?

       Salah satu sumber cahaya yang paling banyak dan umum terdapat di dalam rumah adalah lampu. Memperhatikan pencahayaan lampu akan memudahkan Anda dalam membangun suasana yang nyaman dalam rumah Anda.

       Pada dasarnya terdapat dua jenis warna lampu yang umum beredar, yaitu putih dan kuning. Lampu dengan cahaya berwarna putih dapat memberikan efek lebih sejuk dan dingin pada ruangan Anda. Cahaya berwarna putih sering digunakan pada ruangan perkantoran. Hal ini dikarenakan lampu berwarna putih cenderung menghadirkan suasana formal dalam ruangan. Anda akan lebih mudah terjaga dalam ruangan dengan cahaya putih ketimbang kuning.


       Apabila Anda ingin menghadirkan suasana hangat dan lebih rileks maka lampu berwarna kuning adalah pilihan yang tepat. Efek dari cahaya lampu kuning dapat menimbulkan suasana romantis dan nyaman. Oleh karena itu banyak tempat-tempat nongkrong, rumah makan dan kedai minuman yang menggunakan lampu dengan cahaya kuning. Mereka tentunya ingin pengunjung merasakan kenyamanan dan kehangatan.

Selain warna, tata letak pencahayaan juga berpengaruh dalam membangun suasana yang diinginkan. Pembahasan mengenai tata letak pencahayaan akan dihadirkan pada artikel selanjutnya.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda.

Subscribe to receive free email updates: