3 Hal Ini Perlu Dipertimbangkan Ketika Mendekorasi Rumah

Halo Gais ketemu lagi nih sama Dekor-Rumah. Kali ini yuk kita sama-sama bicara mengenai dekorasi rumah. Berbicara masalah dekorasi rumah pasti banyak sekali gambaran yang muncul di kepala kita ya Gais. Ada yang mungkin mulai berpikir untuk melakukan dekorasi ruangan keluarga, atau barangkali Gais sedang merencanakan dekorasi kamar, entah itu kamar Gais ataupun kamar anak.

Nah namun pada artikel kali ini bukan tentang proses dekorasi rumahnya yang akan kita bahas melainkan tahapan sebelum dekorasi rumah itu dijalankan. Yup kita akan sama-sama melihat apa saja sih yang perlu kita pertimbangkan sebelum memutuskan untuk mendekorasi rumah Gais.

Pertimbangan Pertama, Keterdesakan

Yup, keterdesakan adalah kata kunci pertama. Keterdesakan dalam hal ini bukan dalam artian rumah Gais sempit hingga penghuni rumahnya berdesak-desakan lho ya. Keterdesakan yang dimaksud adalah dalam artian seberapa pentingkah rencana dekorasi yang akan dilakukan.

Kita semua tentu memahami bahwa proses dekorasi rumah membutuhkan effort yang tidak sedikit. Selain biaya, ada dua hal lain yang juga menjadi elemen penting, yaitu waktu dan tenaga. Nah, apakah alasan Gais untuk mendekorasi rumah sudah kuat ?

Misalkan, Gais sangat butuh untuk mendekorasi suatu ruangan karena ruangan tersebut akan dialihfungsikan, dari yang sebelumnya merupakan gudang kemudian Gais berencana untuk mengubahnya menjadi ruang belajar atau ruang kerja. Tentunya Gais perlu menata ulang dekorasi ruangan tersebut agar menjadi ruang belajar yang nyaman ataupun ruang kerja yang dapat mendukung aktivitas dan produktivitas Gais.

Apabila Gais merasa belum memiliki alasan yang kuat untuk mendekorasi rumah, misalkan hanya karena bosan, akan lebih bijaksana apabila kita menunggu alasan lain yang lebih kuat, mengingat usaha yang dilakukan untuk melakukan dekorasi rumah cukup besar. Jangan sampai karena lemahnya alasan menyebabkan proses dekorasi rumah berhenti di tengah jalan.

Pertimbangan Kedua, Budget

Oke, misalkan Gais memiliki pertimbangan yang kuat untuk melanjutkan rencana mendekorasi rumah maka langkah selanjutnya adalah menentukan seberapa besar budget yang akan digunakan untuk dekorasi.

Menentukan budget di awal akan sangat berguna dalam memetakan langkah selanjutnya. Dengan perkiraan budget yang sudah diketahui dan disepakati bersama maka akan meminimalisir kemungkinan berhentinya proses renovasi atau dekorasi di tengah jalan. Hal ini dikarenakan Gais sudah memiliki batasan-batasan sampai sejauh mana dekorasi rumah yang akan dilakukan. Dengan ini, dana yang tersedia akan lebih tepat sasaran.

Pertimbangan Ketiga, Daftar Prioritas

Apabila alokasi dana sudah ditentukan, maka ibarat seorang wisatawan, Gais sudah menentukan berapa uang saku yang akan Gais bawa dan berapa lama Gais akan melakukan perjalanan wisata tersebut. Nah kemudian, yang menjadi pertimbangan selanjutnya bagi si wisatawan adalah mana yang harus didahulukan.

Saat sang wisatawan datang berkunjung ke suatu kota yang penuh dengan tempat-tempat yang dapat dieksplor / jelajahi, maka satu hal yang perlu dilakukan adalah menentukan skala prioritas. Yup, sang wisatawan perlu membuat daftar tujuan wisata yang akan dituju.

Hal ini penting untuk dilakukan karena dengan membuat daftar prioritas Gais dapat memaksimalkan waktu, tenaga, dan dana yang telah dialokasikan untuk berlibur. Hal ini berlaku juga dalam proses dekorasi rumah. Ketika alokasi dana sudah ditentukan, waktu telah ditetapkan maka perlu dibuatlah daftar proses mana saja yang perlu didahulukan.

Daftar prioritas iniah yang nantinya akan meningkatkan efektivitas dari pertimbangan kedua, yaitu budget atau alokasi dana.

Yup, dengan memperhatikan ketiga hal tadi semoga rencana Gais dalam melakukan dekorasi dapat menjadi lebih efektif dan tepat sasaran.

Oiya, untuk Gais yang sedang mencari-cari hal-hal yang berhubungan dengan kebutuhan untuk dekorasi rumah ada tempat yang seru untuk dikunjungi nih, Gais bisa mengaksesnya di sini.
Semoga artikel ini bermanfaat untuk Gais dan selamat mendekorasi rumah.

sumber gambar

Subscribe to receive free email updates: